MAHA KARYA HARDIKNAS 2009

MAHA KARYA HARDIKNAS 2009
pembagian hadiah LCT se Kota Metro

Kamis, 27 Januari 2011

RPP IPS

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Sekolah : SDN 4 Metro Timur
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : V/1
Standar Kompetensi : 1. Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Buddha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia.
Kompetensi Dasar : 1.3. Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya.
Indikator : 1.3.1 Menjelaskan keragaman kenampakan alam di Indonesia.
1.3.2 Menggambar peta Indonesia dengan menggunakan simbol.
1.3.3 Mengidentifikasi ciri-ciri kenampakan alam wilayah Indonesia.
Alokasi Waktu: 6 jam pelajaran (2 kali pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan keragaman kenampakan alam di Indonesia.
2. Siswa dapat menggambar peta Indonesia dengan menggunakan simbol.
3. Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri kenampakan alam wilayah Indonesia.
B. Materi Ajar
1. Peta Indonesia.
2. Kenampakan alam Indonesia.
C. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, penugasan, diskusi dan ceramah.

D. Langkah-Langkah Kegiatan
1. Pertemuan Pertama
a. Pendahuluan (10 menit)
1). Pengkondisisn siswa ( berdoa, absensi, merapikan tempat duduk)
2). Apersepsi:Menyanyikan lagu dari sabang sampai maroke.
3). Motivasi: Apabila materi ini dapat dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam memahami kenampakan alam di indonesia.

b. Kegiatan Inti (100 menit)
1). Dengan tanya jawab, siswa diminta menyebutkan dan menuliskan pulau-pulau besar di Indonesia.
2). Siswa dan guru bersama-sama membahas materi mengenai kenampakan alam Indonesia.
3). Siswa menggambar peta Indonesia menggunakan simbol.
4). Siswa dan guru membahas materi mengenai ciri-ciri kenampakan alam wilayah Indonesia.
5). Siswa dan guru bersama-sama membahas materi mengenai keragaman kenampakan buatan di Indonesia
6). Siswa dan guru bersama-sama membahas materi mengenaikeuntungan dan kerugian pembangunan kenampakan buatan.
c. Penutup (10 menit)
1). Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2). Siswa dan guru melakukan refleksi.
3). Guru memberi tugas rumah.
E. Alat dan Sumber
Thayeb. Sunarto, dkk (2006). IPS Terpadu untuk Sekolah Dasar Kelas V. Erlangga: Jakarta.
F. Penilaian
1. Bentuk penilaian
Bentuk tes tertulis
2. Instrumen penilaian
Soal Latihan
1. Secara geografis, wilayah Indonesia terletak antara dua samudra, yaitu
2. Gunung tertinggi di Pulau Sumatra adalah . . . tingginya . . . .
3. Danau terbesar di Indonesia terletak di Provinsi . . . .
4. Laut sempit yang terletak antara 2 pulau disebut . . . .
5. Hutan bakau biasanya tumbuh di daerah . . . .
6. Permukaan bumi dengan ketinggian sampai 200 meter di atas permukaan laut, disebut . . . .
7. Sebutkan minimal 3 manfaat sungai di Indonesia . . . .
8. Sebutkan tiga manfaat waduk atau bendungan . . . .
Kunci Jawaban dan Pensekoran
No Jawaban Skor maksimal
1. Samudra hindia di sebelah barat dan samudra pasifik di sebelah selatan 4
2. Gunung kerinci tingginya mencapai 3805 meter di sumatra barat 2
3. Sumatra Utara 2
4. Selat 2
5. pantai 2
6. Dataran rendah 2
7. sarana transportasi, perikanan, pengairan, sumber tenaga listrik, olahraga, dan rekreasi. 6
8. untuk mengairi tanah pertanian (irigasi), memutar turbin pembangkit listrik,
mengendalikan banjir, persediaan air, dan sebagai sarana rekreasi 6



Mengetahui,
Guru Ilmu Pengetahuan Sosial



Ropi’ah, S.Pd.
NIP 19621016 198203 2 006 Metro, 21 September 2010
Praktikan



Dona Irawan
NPM 0613053020

Mengesahkan,
Kepala Sekolah SDN 4 Metro Timur




Dra. Hj. Maria Fitri Jayasinga. M.Pd.
19630301 198303 2 006


Soal Latihan
1. Secara geografis, wilayah Indonesia terletak antara dua samudra, yaitu ..................................................................... ..............................................................................................
2. Gunung tertinggi di Pulau Sumatra adalah ......................... ........................ tingginya...........................................
3. Danau terbesar di Indonesia terletak di Provinsi................ .............................................................................................
4. Laut sempit yang terletak antara 2 pulau disebut ............... .............................................................................................
5. Hutan bakau biasanya tumbuh di daerah............................. .............................................................................................
6. Permukaan bumi dengan ketinggian sampai 200 meter di atas permukaan laut, disebut ..................................................... ............................................................................................
7. Sebutkan minimal 3 manfaat sungai di Indonesia ............. ............................................................................................ ............................................................................................
8. Sebutkan tiga manfaat waduk atau bendungan................ ............................................................................................ ............................................................................................

Soal Latihan
1. Secara geografis, wilayah Indonesia terletak antara dua samudra, yaitu ..................................................................... ..............................................................................................
2. Gunung tertinggi di Pulau Sumatra adalah ......................... ........................ tingginya...........................................
3. Danau terbesar di Indonesia terletak di Provinsi................ .............................................................................................
4. Laut sempit yang terletak antara 2 pulau disebut ............... .............................................................................................
5. Hutan bakau biasanya tumbuh di daerah............................. .............................................................................................
6. Permukaan bumi dengan ketinggian sampai 200 meter di atas permukaan laut, disebut ..................................................... ............................................................................................
7. Sebutkan minimal 3 manfaat sungai di Indonesia ............. ............................................................................................ ............................................................................................
8. Sebutkan tiga manfaat waduk atau bendungan................ ............................................................................................ ............................................................................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar